Minggu, 18 Januari 2015

Mengenal Dasar Tenses Dalam Bahasa Inggris



Tenses merupakan salah satu hal yang harus dimengerti dalam bahasa Inggris, tenses yaitu perubahan bentuk – bentuk kata kerja yang sesuai keterangan waktunya. Dalam hakekatnya setiap kalimat dalam bahasa Inggris itu sendiri sudah pasti mengandung tenses.
Sebagaimana disebutkan di atas bahwa tenses merupakan perubahan-perubahan bentuk kata kerja dan to be yang sesuai dengan keterangan waktu. Oleh karena itu, untuk dapat menguasai dasar-dasar tenses ini dengan baik, kita harus menguasai pula perubahan-perubahan bentuk kata kerja, yaitu kata kerja bentuk ke-1 (infinitive), kata kerja bentuk “ing”, kata kerja bentuk ke-2 dan kata kerja bentuk ke-3 (past paticiple).
Dalam bahasa Indonesia, kita tidak mengenal tenses, karena bentuk kata kerja dalam bahasa Indonesia tidak berubah walaupun keterangan waktunya berbeda-beda, seperti contoh :
  • Saya pergi ke sekolah setiap hari.
  • Saya pergi ke sekolah kemarin.
  • Saya pergi ke sekolah besok.

Dari contoh diatas, dapat kita perhatikan dengan jelas bahwa kata kerja pergi tidak mengalami perubahan walaupun keterangan waktunya berbeda-beda. Lain halnya dalam bahasa Inggris, setiap kata kerja akan mengalami perubahan-perubahan sesuai keterangan waktunya, Contoh dasar-dasar Tenses dalam bahasa Inggris :
  • I go to school every day.
  • I went to school yesterday.
  • I will go to school tomorrow.

Dari contoh kalimat-kalimat ini, kita melihat bahwa kata kerja mengalami perubahan bentuk sesuai dengan keterangan waktunya. Dalam bahasa Inggris sendiri terdapat kurang lebih 16 tenses yang merupakan gabungan dari 5 (lima) dasar-dasar Tenses yang mutlak dikuasai agar dapat berbicara bahasa Inggris dengan baik, yaitu :

  1. Simple Present Tense
  2. Present Continuous Tense
  3. Future Tense
  4. Simple Past Tense
  5. Present Perfect Tense

Demikian pembahasan kami mengenai dasar-dasar Tenses sebagai referensi untuk belajar bahasa Inggris. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar